Beberapa waktu yang lalu, sebelum tulisan ini di posting, ada temen yang ngeluh, Andromax-U (versi lama ya…), error. Gak bisa detek sinyal CDMA…

Tau sendiri kan…, sinyal CDMA emg perlu pake banget buat gadget yang satu ini. Ya.. biar bisa tetep eksis di dunia maya dengan koneksi SmartFren.

Awalnya temen saya ini melakukan root+flash ROM, katanya biar lebih yahud. Emg sih pertama-tama oke-oke aja tanpa masalah. Nah…, suatu hari…, setelah download ROM yang baru, langsung tanpa ba-bi-bu di-flash…

Pertama dipake abis flash ROM, gk masalah…, tp ketika temen saya mau ganti ROM lagi, dia salah flash.
Maksudnya sih mau ganti ROM, tp ternyata, yang di flash adalah ROM yang yang udah ke-install.
(aslinya sih gpp). Setelah jadi… dan dipake kira-kira setengah jam… tanpa diduga sinyal CDMA jadi ilang…
Gak tau kenapa bisa ilang sendiri. Alhasil…  bingunglah dirinya, karena internetan via GSM, cuma kepatok maksimal di jalur EDGE (belom 3G).

Udah dicoba oprek sendiri, tp hasilnya nihil… nyerah lag dirinya.
Akhirnya diserahkan ke saya…

~~~~~

Awal saya coba buat ngembaliin ke ROM bawaan SmartFren (stock ROM), hasilnya NOL BESAR. Sinyal CDMA tetep gak kedetek.

Nah.. setelah sedikit merenung… akhirnya jadi juga normal lagi.

Mau tau caranya…? Simak aja terus… (jangan lupa komen ya…)

~~~~~

Syarat :
1. Leptop/Netbook/Kompie yang udah terinstal driver Andromax-U
Ini wajib lho…, cara install driver bisa dicari di GOOGLE kok.

2. Download dan install DFS
Ini juga wajib soalnya software ini yang mau dipake. Bisa download di sini
Note : klo mau install DFS, pastikan leptop/netbook/kompie udah terinstall Netframework 4

3. Andomax-U yang bermasalah + kabel datanya
Ini juga wajib, lha klo gak ada masaah… ngapain juga capek-capek ngoprek
Note : Pastikan level baterei mencukupi, biar gak matek di tengah jalan, ya… minimal 60 % lah

4. Cemilan+kopi item+udut
Ini opsional…, sesuai dengan kondisi… Tujuannya biar gak ngantuk…

5. Doa dan niat yang tulus
Ini wajib pake banget…

Cara Mengaktifkan sinyal CMDA :
1.Aktifkan USB Debugging pada Andromax-U
Cara : masuk ke setting –> Developer Options –> centang USB Debugging

2. Matikan gadget

3. Konek  gadget dalam keadaan mati ke leptop/netbook/kompie dengan kabel data

4. Jalankan DFS
Tunggu sampe muncul tampilannya. Klo ada username dan password, close aja.

5. Ikuti langkah berikut :

Tampilan DFS-1

5 a. Klik port (lihat no. 1 pada gambar di atas)
Pilih “Qualcom Diag xxxx” (pilihan akan muncul saat driver gadget telah terinstall sempurna)
Pilih dengan cara klik dua kali sampai ada tampilan warna hijau (radio button). setelah itu close aja

5 b. Klik SPC (lihat no. 2 pada gambar di atas)

5 c. Klik tab Program (lihat no. 3 pada gambar di atas)

 

Tampilan DFS-2

5 d. Pilih tab NAM (lihat no. 4 pada gambar di atas)

5 e. Isi kolom isian Preffered Seting (lihat no. 5 pada gambar di atas)
 
                 – Pref mode = CDMA_HDR
                 – Band pref = Automatic

         f. Tunggu sekitar 1 menit agar proses selesai, lalu klik tombol Reset (lihat no 6 pada gambar di atas)
Maka gadget akan hidup secara otomatis

6. Lepas gadget dari kabel data

7. Taaaadaaaa… sinyal CDMA akan muncul

Udah selesai ?

Klo tampilan sinyal sudah normal, maka coba buat cek pulsa (telfon ke *999), klo udah bisa, coba aktifkan koneksi data…, klo udah bisa ya… berarti udah OK dong…

~~~~~

Nah… pada Andromax-U temen saya ini, sinyal CDMA udah muncul, tp ada tanda “R” ukuran kecil di atas sinyal.

Boro-boro buat konek data, buat cek pulsa aja gak bisa…

Waduh…

Tenang…, tanda “R” itu artinya simbol Roaming, jadi ya… emg belom bisa buat apa-apa. tp udah selangkah lebih maju, karena sinyal CDMA sudah muncul

~~~~~

Untuk yang sinyal CDMA masih ada tanda “R” alias Roaming. lakukan langkah berikut.

1. Ulangi langkah Cara Mengaktifkan sinyal CMDA dari step 1 sampe step 5b (ada di atas ya…)

2. Ikuti langkah berikut :

 
Tampilan untuk menghilangkan ROAMING

2 a. Klik tab General (lihat no. 4 pada gambar di atas)

2 b. Isi kolom isian Config (lihat no. 5 pada gambar di atas)
– Ruim Config : RuimOnly
– Voice Priv    : Enabled

note : klo pilihan tidak muncul, klik tombol READ dulu, setelah diisi klik tombol WRITE

3. Tunggu sekitar 1 menit untuk memproses, lalu klik tombol Refresh (liat no 6 pada gambar di atas)

4. Tunggu sebentar, gadget akan nyala otomatis (klo gak nyala ya… dinyalain manual)

5. Lepas gadget dari kabel data

6. EEENG IIIING EEEENG… Tampilan sinyal sudah normal.

Coba tes dengan cek pulsa. klo udah bisa coba aktifkan koneksi datanya…

Taaaadaaa… ternyata udah normal dan bisa kembali eksis di dunia maya….

~~~~~

Catatan :
Simbol “R” alias Roaming itu disebabkan karena gadget mengunci sinyal untuk sinyal internal bukan sinyal dari RUIM. Ini biasanya bisa buat inject CDMA.

Tp cara inject CDMA di Andromax-U, next posting aja ya…
(soalnya gak punya Andromax-U yang mau dijadiin korban je…)

Trick ini udah berhasil di coba di gagdet Andromax-U (versi lama) milik temen

sumber

Iklan