Multimeter/multitester merupakan salah satu alat ukur yang digunakan dalam dunia elektronika maupun listrik. Karena alat ini bisa kita gunakan untuk mengukur tegangan, hambatan, daya dan sebagainya. Selain itu multimeter juga biasa digunakan untuk mengecek kerusakan pada komponen atau rangkaian elektronik. Seiring dengan perkembangan zaman kini multimeter banyak yang menggunakan sistem digital. Meski begitu tidak sedikit orang lebih memilih model analog untuk pengukuran.
Harga multimeter pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, tergantung dari kualitas dan merknya. Seperti halnya saya sendiri lebih suka memilih jenis multimeter yang agak bagus dibanding dengan yang biasa-biasa saja. Hal ini karena jenis multimeter murahan lebih gampang rusak. Untuk itu berikut adalah beberapa hal yang perlu kita ketahui.
Penyebab Multimeter/ Multitester Rusak
1. Sering terkena goncangan seperti terjatuh, terlempar dan sebagainya
2. Kesalahan dalam penggunaan seperti
  • Salah memutar saklar selektor saat mengukur tegangan tinggi.
  • Probe terbalik saat mengukur
  • Terlalu cepat memutar selector
3. Terkena air
4. Dan lain sebagainya
Cara memperbaiki multimeter rusak

Beberapa waktu lalu dirumah kebetulan ada multimeter yang rusak, tidak bisa difungsikan sama sekali, Untuk itu saya coba membongkarnya, Kemudian diganti semua baterainya. Setelah dicoba ternyata multimeter belum bisa digunakan juga, artinya multimeter rusak dan tidak berfungsi sama sekali. Untuk itu berikut cara menanganinya:

  1. Periksa apakah probe atau pencolok ada yang putus kabelnya. Jika ada segera disambung atau diganti.
  2. Bongkar Penutup multimeter kemudian periksa, sekring, solderan atau sambungan yang putus, Jika ada segera diperbaiki.
  3. Jika tidak ada komponen terbakar atau yang mencurigakan, coba kita bersihkan dulu semua bagiannya seperti konektor tembaga pada selector, pin untuk kaki tembaga saklar selector.
  4. Selanjutnya jika tahap diatas belum terselesaikan kita coba periksa resistor yang ada pada masing-masing pin selector. Apakah ada yang putus atau tidak. caranya tentu dengan menggunakan multimeter yang masih bagus. Jika rusak biasanya menyebabkan beberapa skala pengali pada selector tidak berfungsi.
  5. Jika kerusakan belum juga ditemukan, kemungkinan kerusakan ada pada spul skala jarum, untuk itu kita harus menggantinya.
  6. Sampai disini biasanya masalah sudah terselesaikan.

sumber

Iklan