“Pengunjung website hanya punya waktu dekitar 5 detik untuk menentukan apakah mereka akan meninggalkan website Anda atau tidak” Lima detik pertama adalah waktu yang krusial untuk menarik perhatian pengunjung website. Maka, pastikan maksud atau fokus website Anda dapat diketahui oleh pengunjung website Anda hanya dalam waktu lima detik pertama saja.
Jika dalam 5 detik, pengunjung website tidak paham apa yang Anda tawarkan, besar kemungkinan mereka akan meninggalkan website Anda.
Perhatikan contoh website di bawah ini:

1

Apakah dalam 5 detik Anda bisa mengetahui apa fokus dari website ini? Apa yang ditawarkan? Apakah Anda tertarik untuk melakukan transaksi?

Bandingkan dengan contoh website yang kedua ini:

kutubuku

 

Mana yang lebih mudah Anda pahami isinya hanya dalam 5 detik saja? Apakah contoh website pertama atau yang kedua? Mari kita bandingkan. Dari pemilihan nama website, Overseas Zone masih belum terlalu kuat karena orang tidak langsung tahu apa yang ditawarkan. Kata overseas

Memang mengacu pada arti “luar negeri”, tetapi berapa persen orang yang tahu artinya Berapa yang paham betul apa yang ditawarkan website ini? Sedangkan di contoh website nomor dua, nama domain kutukutubuku.com sudah menunjukkan bahwa website ini berisi tentang buku. Selanjutnya, dari banner yang bertuliskan “Book Festival” dan foto-foto sampul buku di bawahnya jelas menyatakan bahwa website ini menjual buku.

“Semakin familiar kita dengan sesuatu, maka semakin mudah kita akan menyukainya. Sesungguhnya ini hanyalah efek dari mudah atau tidaknya sesuatu dipahami” (Zajonc, 1968)

Coba perhatikan dua contoh website di bawah ini. Keduanya menjual dasi. Namun dengan pemilihan warna dan juga tata letak dalam website tersebut, maka contoh website yang sebelah kiri menjadi lebih mudah dipahami daripada contoh yang sebelah kanan.

dasi

 

Tentu saja desain website yang sebelah kiri adalah yang kami rekomendasikan untuk website Anda. Terutama jika Anda hanya punya waktu 5 detik untuk menarik perhatian calon konsumen sebelum mereka memutuskan untuk meninggalkan website Anda karena bingung apa sebenarnya yang Anda tawarkan (seperti pada contoh website di atas yang sebelah kanan).

Mari kita lihat kembali contoh website overseaszone.com. Ternyata, selain gagal memperkenalkan layanannya dalam 5 detik pertama, website tersebut juga kurang jeli dalam memilih kata-kata. Perhatikan bagian berikut:
overseasKolom pencarian ini muncul di bagian atas website overseaszone.com. Pengunjung website yang masih belum paham sebenarnya apa yang ditawarkan oleh website ini akan bertambah bingung karena tiba-tiba harus memilih kursus. Kursus apaan sih maksudnya? Selain itu, kata-kata “Pilih Kursus” di bagian kolom pencarian ini kurang mengena dan kurang personal. Bandingkan jika tulisannya diganti dengan, “Ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri? Cari bidang pendidikan Anda di sini! Kesalahan lain yang ada pada website tersebut ada di bagian ini:

kesempatan-studi

 

 

Bagian ini juga muncul di halaman pertama. Apa kesan Anda?

Bayangkan Anda adalah pengunjung website yang masih belum tahu apa sebenarnya layanan website ini (karena mereka tidak memberikan keterangan apapun mengenai layanan mereka di bagian awal) lalu tiba-tiba Anda disodori layanan mereka dengan harga yang fantastis, puluhan bahkan ratusan juta. Tanpa keterangan apapun mengenai apa saja komponen dari biaya tersebut.
Apa yang akan Anda lakukan? Sebagian besar dari Anda pasti akan langsung kabur tanpa membuang banyak waktu.
Karena itulah, meskipun website ini menggunakan sistem optimasi secara maksimal tetapi hanya mampu menghasilkan sedikit konversi. Mengapa? Karena kesalahan yang dibuatnya dalam hukum 5 detik pertama. Setelah lima detik pertama, sebagian besar pengunjung website cenderung kabur dari website ini tanpa melakukan transaksi apapun.

sumber

 

 

 

 

Iklan