Kekeringan di jaman modern, OGM sekarang abad 21 pakde. Apapun bisa di buat oleh negara.

Masih aja ga ngerti saya.

Dana desa yang kata nya sampe triliunan pake lah pak untuk sebuah project besar.

Kalau cuma bisa kritik apa beda nya saya dengan anggota DRPD ya, hehee.

Ok solusi pasti udh sering dengar solar cell? Yup, benar alat panen energi matahari.

Trus apa hubungan nya? ok agak teknis nih siapain kopi pak copas dari wikipedia :

“Solar still merupakan cara sederhana penyulingan air, menggunakan panas matahari untuk mendorong penguapan dari tanah lembab, dan udara ambien untuk mendinginkan sebuah film kondensor. Dua tipe dasar stills surya kotak dan pit stills. Dalam surya masih, air murni yang terkandung di luar kolektor, di mana ia menguap oleh sinar matahari bersinar melalui plastik bening.

Uap air murni mengembun di dingin di dalam permukaan plastik dan menetes ke bawah dari titik rendah tertimbang, di mana ia dikumpulkan dan dibuang. Jenis kotak lebih canggih. Prinsip dasar dari destilasi air surya sederhana, namun efektif, seperti distilasi meniru cara alam membuat hujan. Energi matahari memanaskan air ke titik penguapan. Ketika air menguap, uap air naik, kondensasi pada permukaan kaca untuk koleksi. Proses ini menghilangkan kotoran, seperti garam dan logam berat, dan menghilangkan organisme mikrobiologi. Hasil akhirnya adalah air bersih daripada air hujan murni.”a

Buat yg males baca, inti nya : Kita bisa menghasilkan air dari tanah.

Kok bisa? Baca lagi yg atas, hehee.

Problem : kekuarangan air di pedesaan, pegunungan

Solusi : solar still

Kalau di deket pantai?
Pake teknologi Reverse osmosis.

 

  • solusi untuk skala besar bisa di buat alat besar di satu desa, hasil nya bisa di alirkan ke desa lain terdekat
  • solusi skala kecil sediakan di tiap rumah Portable reverse osmosis water processors.  Ini alat portable RO. Buat aja project anak ITB rancang trus pindad produksi. Masih males? Pesen aja dari China heheee.

Btw tahun 2002 Singapore ada project NEWater, menggunakan teknologi Reverse osmosis. Mayan ya daripada beli air terus dan M’sia hehee.

Hitungannya gimana om?

Ya itu biarin aja suruh para aparatur negara kita suruh mikir, lah wong mereka kan gaji nya dari pajak kita hehee

Heran di negara yang kaya air gini masih ada aja orang kekurangan air..

Iklan