Seperti yang kita tahu, norton ghost adalah sebuah software komersil yang mengharuskan kita membeli lisensinya. Meskipun pada kenyataannya di internet banyak tersedia versi yang sudah di-crack atau bahkan kita bisa dengan mudah mencari serial numbernya di berbagai situs yang memang menyediakan serial number, tapi alih-alih kita mendapatkan full version-nya, justru komputer kita malah yang akhirnya terkenal virus.

Sebagai alternatif norton ghost yang berbayar itu, kita bisa menggunakan sebuah freeware yang cukup powerful yaitu Clonezilla.

clonezilla live cd 300x225 Backup Windows, Backup Partisi, Backup  Hardisk Menggunakan Clonezilla

Apa kelebihan software open source ini dibanding software kloning yang lain?

Menurut website resminya, clonezilla.org:

Clonezilla is an Opensource Clone System (OCS). Clonezilla, based on DRBL, Partition Image, ntfsclone, partclone, and udpcast, allows you to do bare metal backup and recovery. Two types of Clonezilla are available, Clonezilla live and Clonezilla SE (server edition). Clonezilla live is suitable for single machine backup and restore. While Clonezilla SE is for massive deployment.

Dengan menggunakan software ini, kita bisa melakukan backup dan recovery partisi maupun harddisk dengan mudah. Clonezilla tersedia dalam 2 versi yaitu: Clonezilla live dan Clonezilla SE (Server Edition).

Clonezilla live dapat digunakan untuk melakukan proses partition atau hard disk cloning maupun backup dan restore partisi maupun hardisk pada standalone pc. Sedangkan Clonezilla SE bisa digunakan untuk melakukan clonning partisi atau hardisk pada jaringan komputer. Bahkan menurut pengalaman mereka, software ini mampu melakukan proses kloning secara simultan tsb bisa dilakukan secara bersamaan pada jaringan dengan 41 unit komputer dan hanya dibutuhkan waktu 10 menit untuk melakukan clone system image sebesar 5,6 GBytes . Hebat bukan?!

Software ini tersedia dalam bentuk live cd dalam format iso file atau zip. Kita cukup mendownload dan membakarnya ke CD dan langsung bisa digunakan tanpa perlu menginstal apapun. Jika ada yang tertarik, silakan download file iso atau zip-nya di:

http://clonezilla.org/download/sourceforge/

sumber : babeh

Iklan