Gampang! Setidaknya ada empat part utama yang selalu jadi perhatian untuk mendukung kinerja mesin lebih maksimal. Asiknya selain komponen itu banyak dijual di toko aksesori, mengaplikasi nya juga mudah alias tinggal plug n’ play aja. PB, Oct


Roller

Umumnya berbentuk bulat dalam satuan gram (5-13 gram). Namun ada juga yang berbentuk segitiga. Tersedia buat semua skutik. Masing-masing punya ukuran roller berbeda. Paling besar dipakai spin lalu Vario dan paling kecil punya Nouvo dan Mio. Peranti ini berfungsi untuk mendongkrak akselerasi di putaran bawah (roller yang ringan) atau putaran atas (yang lebih berat). Di pasaran tersedia 4 merek; Kitaco, LHK, M2R dan CLD harga yang ditawarkan Rp. 10-20 ribu. Mau yang lebih mahal coba NCY atau Dr. Pulley.

Per CVT

Setelah roller, biasanya per CVT juga ikut diganti yang sesuai kebutuhan alias lebih keras dari standarnya. Tujuannya, agar power enggak cepat ngedrop. Dipasaran merek seperti Kitaco, CLD Barra dan M2R menjadi rekomendasi biker.

Khusus merek pertama disebut tadi punya beberapa macam ukuran. Untuk kebutuhan putaran mesin 1.000 rpm pakai warna kuning, warna biru buat entakan mesin 1.500 rpm dan yang paling keras pilih warna merah 2.000 rpm. Range harganya antara Rp. 70-100 ribu.

Belt CVT

Belt CVT pada skutik kadang tak sanggup menghantarkan tenaga yang dikirim mesin. Apalagi pada skutik yang daput pacunya telah “diobok-obok”. Slip selalu menghantui, kala digeber kencang. Solusinya, pakai belt aftermarket yang high performance.

Ciri-cirinya ukuran lebih tebal dan agak lebih besar dari standarnya. Diaplikasi pada skutik bore-up, diharapkan mampu mengatasi problem slip. Di pasaran diantaranya ada TDR, Fizz Racing dan LHK. Dibandrol antara 125-280 ribu.
Rumah Puli

Merupakan salah satu motor penggerak inti pada skutik. Dampak dari pemakaian peranti ini, akan membuat tarikan terasa spontan dan tak ada jeda. Di antara produk aftermarketnya, ada merek TDR, LHK, SIT Racing dan Kitaco. Dijajakan dari Rp. 325-800 ribu.

Iklan